AUTHOR GUIDELINES

Persyaratan Naskah
Naskah yang diajukan untuk diterbitkan dalam Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi (JMIA) harus merupakan karya asli, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain. Naskah yang diterima dapat berupa hasil penelitian atau kajian teori yang berkaitan dengan bidang inovasi pendidikan dan sains.
Sebagai jurnal peer-review, JMIA mengundang akademisi dan peneliti yang melakukan penelitian orisinal dalam bidang sains dan inovasi pendidikan untuk berkontribusi. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan gaya bahasa yang ringkas dan jelas. Panjang maksimal naskah adalah 14 halaman, termasuk referensi dan lampiran. Untuk memastikan kesesuaian dengan standar jurnal, penulis harus mengikuti format yang telah ditetapkan dalam template penulisan, yang dapat diakses melalui situs web jurnal.

Struktur dan Format Penulisan
Naskah harus disusun mengikuti sistematika berikut:
Judul dalam bahasa Indonesia (Font 16 dan di Bold).
Nama penulis (tanpa gelar akademik) beserta afiliasi dan tulis ulang nama lengkap, email dan afiliasi pada bagian Corresponding Author
Abstrak dan kata kunci yang mencerminkan isi naskah secara ringkas.
Pendahuluan, berisi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian.
Metode penelitian, menjelaskan pendekatan dan teknik yang digunakan dalam penelitian.
Hasil dan pembahasan, menyajikan temuan utama dan interpretasinya.
Simpulan, yang merangkum hasil penelitian dan rekomendasi ke depan.
Daftar pustaka, memuat semua sumber yang dirujuk dalam naskah.
Sub-bagian tambahan dapat ditambahkan sesuai kebutuhan, tetapi setiap bagian utama tidak perlu diberi nomor bab.
Abstrak harus terdiri dari 100–250 kata dan diketik dengan spasi tunggal. Untuk naskah dalam bahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Sementara itu, untuk naskah dalam bahasa Inggris, abstrak harus tersedia dalam dua bahasa: bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak harus mencakup gambaran singkat tentang masalah penelitian, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Setelah abstrak, penulis wajib mencantumkan kata kunci yang sesuai dengan topik penelitian.
Setiap tabel dan gambar dalam naskah harus diberi judul yang jelas, diberi nomor dengan angka Arab, dan dapat disertai keterangan tambahan jika diperlukan.

Proses Pengiriman dan Korespondensi
Penulis yang ingin mengajukan naskah ke JIPSH: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora  harus mengirimkannya melalui sistem elektronik yang tersedia di situs web jurnal. Semua komunikasi terkait proses editorial, termasuk pemberitahuan keputusan dari editor dan permintaan revisi, dilakukan secara elektronik melalui email atau platform jurnal.

Kategori Artikel yang Diterima
Penulis perlu mengategorikan makalahnya berdasarkan jenis publikasi yang paling sesuai dengan isi naskah. Berikut adalah kategori yang diterima:
Makalah penelitian, Artikel yang melaporkan hasil penelitian, termasuk pengujian model, eksperimen, survei, atau penelitian empiris dalam inovasi pendidikan dan sains.
Makalah teknis, Artikel yang menjelaskan dan mengevaluasi produk, proses, atau layanan teknis terkait pendidikan dan teknologi.
Makalah konseptual, Artikel berbasis teori yang tidak melibatkan penelitian langsung tetapi menyusun hipotesis, diskusi filosofis, atau studi komparatif dari pemikiran yang ada.
Laporan studi kasus, Artikel yang menggambarkan pengalaman nyata atau intervensi dalam suatu organisasi atau lembaga pendidikan. Studi kasus dapat berupa analisis subjektif atau skenario hipotetis yang digunakan untuk tujuan pengajaran.

Proses Revisi Naskah
Setelah menerima umpan balik dari tim editorial, penulis diwajibkan merevisi naskah dalam waktu 1 bulan. Jika revisi tidak dikirimkan dalam batas waktu tersebut, naskah akan dianggap sebagai pengajuan baru dan harus melalui proses peninjauan ulang. Setelah revisi akhir disetujui, versi cetak dari naskah yang telah diperbaiki harus dikirimkan kembali dalam waktu 1 minggu.

Pedoman Penulisan Daftar Pustaka
Daftar pustaka harus disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis pertama. Hanya referensi yang benar-benar dikutip dalam naskah yang boleh dicantumkan. Jika ada beberapa karya dengan penulis dan tahun yang sama, berikan tanda huruf tambahan (misalnya, a, b, c) setelah tahun penerbitan.

Format Referensi dari Buku:

Urutan: Nama penulis, tahun, judul buku (dicetak miring), nama kota, penerbit.
Contoh:
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alphabeta.
Santrock, J. W. (2023). Educational psychology (7th ed.). McGraw-Hill.
Slavin, R. E. (2021). Educational psychology: Theory and practice (13th ed.). Pearson. https://doi.org/10.4324/9781003001000
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). Sage. https://www.sagepub.com/research-design
Format Referensi dari Jurnal atau Laporan Penelitian (Format APA 7):
Contoh:
Hadi, M. N. S., & Arfiadi, Y. (2023). Seismic performance analysis of high-rise buildings using AI. International Journal of Structural Engineering, 15(2), 123–140. https://doi.org/10.1016/j.ijse.2023.05.012
Rahman, T., & Sari, D. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 18(1), 45–60. https://jurnalpendidikan.com/jpi/vol18/rahman
Setiawan, B. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sains di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 28(3), 89–104.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Analisis efektivitas kurikulum merdeka dalam pendidikan dasar (Laporan No. 5678). https://www.kemdikbud.go.id/analisis-kurikulum-2023
Prasetyo, A. (2023). Pengaruh model flipped classroom terhadap hasil belajar siswa (Tesis Magister, Universitas Indonesia). UI Repository. https://repository.ui.ac.id/tesis/2023/prasetyo
Dewi, R. (2022). Strategi pengajaran berbasis teknologi dalam pendidikan tinggi (Disertasi tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada.
Format Referensi dari Sumber Internet:
Contoh:
World Health Organization. (2023). Global strategy on human resources for health: Workforce 2030. https://www.who.int/publications/i/item/9789241511131
Smith, J. (2024, Januari 10). How AI is changing the education system. The New York Times. https://www.nytimes.com/2024/01/10/technology/ai-education.html
Brown, K. (2023, September 15). Understanding climate change and its impacts. Climate Action Blog. https://www.climateactionblog.org/understanding-climate-change
United Nations. (2023). Sustainable development goals report 2023 [PDF file]. https://www.un.org/sdgs/report2023.pdf
Ministry of Education. (2024). National education curriculum update. Retrieved February 6, 2024, from https://www.education.gov/national-curriculum-update

Dengan mengikuti pedoman ini, diharapkan setiap naskah yang dikirimkan ke JIPSH: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora standar akademik yang tinggi dan siap untuk dipublikasikan.